Kesurupan

Kesurupan adalah sebuah fenomena disaat seseorang berada di luar kendali dari pikirannya sendiri. Beberapa kalangan mengganggap kesurupan disebabkan oleh kekuatan gaib yang merasuk ke dalam jiwa seseorang.

Di Indonesia kejadian ini sangat sering terjadi, bahkan kesurupan massal yang melibatkan puluhan orang dengan kebanyakan korban kesurupan adalah wanita.

Fenomena kesurupan di Indonesia

  1. Pada tahun 2005, kesurupan massal terjadi di SMA Negeri 59 Jakarta yang bermula dari kegiatan LDKS di luar kota. Fenomena ini terjadi beberapa hari setelah kegiatan LDKS selesai, kesurupan pun terjadi pada saat kegiatan belajar-mengajar.
  2. Pada 1 - 2 Maret 2006, terjadi beberapa fenomena kesurupan di SMA Pangudi Luhur Yogyakarta, SMA Negeri 6 Lampung, dan SMK di Banjarmasin:
    1. 1 Maret 2006: 20 siswa
    2. 2 Maret 2006: 50 siswa
    3. SMA Negeri 6, Bandar Lampung
    4. Sekolah kejuruan PGRI, Banjarmasin
  3. Pada tahun 2007, terjadi fenomena kesurupan di SMK Pelita, di Jalan Warung Borong, desa Ciampea, kecamatan Ciampea, kabupaten Bogor.
  4. Pada 12 November 2008, terjadi fenomena kesurupan di sebuah pabrik sepatu Nike di Jalan Raya Serpong Km. 7, Pakulonan, Serpong.[1]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar